Pengertian Sistem Operasi Mac os dan Fungsinya


Sistem Operasi MAC OS

   OS Macintosh atau yang akrab disebut Mac OS, adalah Operating System atau sistem operasi yang di kembangkan oleh Apple Corp. Mac OS sendiri merupakan singkatan dari Macintosh Operating System. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple merupakan sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.
Sejak diluncurkan bersama dengan komputer Macintosh pada 1984, sistem operasi Macintosh (Macintosh operation system) dari Apple telah menciptakan standar dalam kemudahan penggunaan sistem operasi dan menjadi model untuk sebagian besar sistem operasi berbasis GUI baru yang dikembangkan untuk sistem di luar Macintosh.

Kelebihan Mac OS :

  • Lebih stabil karena menggunakan UNIX
  • multitasking
  • Bisa mengenal file format windows
  • Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphi design/multimedia
  • Jarang terkena virus
  • Open sourcecode sehingga Mac OS sulit dibajak
  • Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data
  • Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword.


Kekurangan Mac OS :

  • Mahal, karena spesifikasi teknis mac memang tinggi. Asesorisnya dan spare part banyak tapi mahal
  • Hanya cocok untuk graphic designer
  • Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang tidak menggunakan sistem Mac OS
  • Mac OS tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
  • Software di Mac OS tidak begitu lengkap
  • Kurang cocok untuk aplikasi server dan game.


Fungsi-Fungsi Sistem Operasi secara Umum:

Memulai Komputer
Booting merupakan proses memulai atau memulai ulang sebuah komputer. Ketika menyalakan komputer yang telah dimatikan seluruhnya, ini berarti melakukan cold boot, sedangkan yang merupakan perintah bagi sistem operasi untuk memulai ulang komputer berarti melakukan warm boot.

Menyediakan Antarmuka bagi Pengguna
Kita dapat berinteraksi dengan peranti lunak melalui antarmuka. Antarmuka (user interface) mengendalikan cara Anda memasukkan data dan perintah-perintah dan bagaimana informasi ditampilkan pada layar.

Mengelola Program
Beberapa sistem operasi mendukung pengguna tunggal dan hanya menjalankan satu program dalam satu waktu. Yang lainnya mendukung ribuan pengguna yang menjalankan banyak program.

Mengelola Memori
Tujuan manajemen memori adalah mengoptimalkan penggunaan RAM. RAM terdiri atas satu atau beberapa cip pada motherboard yang menyimpan data dan perintah-perintah ketika prosesor menginterpretasikan dan mengeksekusinya.

Menjadwalkan Pekerjaan
Sistem operasi menetukan urutan pemrosesan pekerjaan. Pekerjaan adalah operasi yang diatur oleh prosesor. Yang termasuk pekerjaan meliputi : menerima data dari perangkat input, memproses perintah-perintah, mengirim informasi ke perangkat output, dan mentransfer data dari media penyimpanan ke memori dan dari memori ke media penyimpanan.

Melakukan Konfigurasi Perangkat
Driver adalah program kecil yang memberitahukan sistem operasi bagaimana berkomunikasi dengan perangkat tertentu. Setiap perangkat dalam komputer memiliki serangkaian perintah khususnya yang tersendiri dan oleh karena itu memerlukan driver yang spesifik. Apabila Anda mem-boot sebuah komputer, sistem operasi menjalankan setiap driver perangkat.

Membuat Sambungan Internet
Sistem operasi umumnya menyediakan cara untuk membuat sambungan Internet. Berberapa sistem operasi juga menyertakan program penjelajah Web dan program e-mail, sehingga Anda dapat langsung menggunakan Web dan berkomunikasi dengan oranglain begitu selesai mengatur sambungan Internet. Beberapa juga menyertakan firewall untuk melindungi komputer dari pengganggu yang tidak diinginkan.

Memantau Kinerja
Pemantau Kinerja adalah program yang memperkirakan dan melaporkan informasi mengenai berbagai sumber daya dan perangkat komputer. Informasi dalam laporan kinerja membantu para pengguna dan administrator untuk mengidentifikasikan masalah yang terkait dengan sumber daya sehingga mereka dapat mencoba menyelesaikan masalah apapun. Jika sebuah komputer berjalan lambat maka pemantau kinerja akan menentukan bahwa memori komputer sedang digunakan semunya. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan memori tambahan pada komputer.

Menyediakan Manajemen File atau Utilitas Lainnya
Sistem operasi sering memberi kemampuan kepada pengguna untuk mengelola file, melihat gambar, menjaga komputer dari akses yang tidak diinginkan, menghapus program, memindai disk, melakukan defragmentasi pada disk, mendiagnosis masalah, membuat backup dari file dan disk, dan mengatur screen saver.

Mengendalikan Jaringan
Beberapa sistem operasi tergolong sistem operasi jaringan. Sistem operasi jaringan adalah sistem operasi yang mengorganisasi dan mengoordinasikan banyak pengguna untuk mengakses dan berbagi sumber daya dalam sebuah jaringan. Yang termasuk sumber daya itu adalah peranti keras, peranti lunak, data, dan informasi. Ketika tidak terhubung dengan jaringan, komputer-komputer klien menggunakan sistem operasinya masing-masing. Ketika terhubung dengan jaringan, sistem operasi jaringan mengambil alih beberapa fungsi dari sistem operasi komputer

Mengelola Keamanan
Untuk setiap pengguna, administrator jaringan membuat sebuah akun (account) yang memungkinkan pengguna untuk mengakses, atau log on, komputer atau jaringan. Setiap account biasanya terdiri atas nama pengguna dan kata sandi. Nama pengguna atau ID pengguna adalah kombinasi unik dari karakter-karakter, seperti huruf atau angka yang mengidentifikasikan seorang pengguna spesifik. Kata sandi adalah kombinasi karakter rahasia yang bersesuaian dengan nama pengguna sehingga pengguna tersebut diperbolehkan untuk mengakses sumber daya tertentu dari komputer.
Share on Google Plus

About Unknown

3 komentar: